Hampir tidak ada turis Inggris di Cádiz (Gambar: Sama Ansari Pour, Getty Images)

Saya menerima email yang menakutkan seminggu sebelum saya penerbangan: ‘Perjalanan Anda telah dibatalkan.’

Ketika berusaha keras untuk memesan liburan hanya tujuh hari sebelumnya di bulan Mei, saya mencari ‘di mana-mana’ di SkyScanner, hingga saya berhenti pada sebuah nama yang saya kenali. Cadiz, di Spanyolselalu ada di daftar keinginanku dan cuacanya terlihat sangat bagus.

Saya telah melakukan tiga perjalanan solo sejauh ini (Bulgaria, Polandia dan Spanyol) dan memulai tradisi ini secara tidak sengaja ketika saya berusia 21 tahun dan tidak punya teman untuk berlibur.

Sekarang, ini menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan mental saya. Perjalanan saya telah sepenuhnya menyembuhkan kecemasan sosial saya dan saya selalu merasa seperti telah menjalani sepuluh sesi terapi yang disuntikkan ke pembuluh darah saya saat saya kembali.

Andalusia ada di daftar perjalanan solo saya karena saya ingin mengunjungi sebanyak mungkin tempat wisata bersejarah, dan itu bukan sesuatu yang selalu disetujui oleh pacar atau teman saya.

Setibanya di kota tersebut, saya segera menyadari bahwa berjalan-jalan di Cádiz bagaikan bepergian melintasi waktu – teater Romawi, katedral megah bergaya Gotik Spanyol, dan rumah-rumah bergaya Moor bercat putih, semuanya dapat dicapai hanya dalam waktu lima menit berjalan kaki.

Yang lama dan yang baru hidup berdampingan di Cádiz (Gambar: Getty Images)

Cadiz adalah Kota berusia 3.000 tahun – salah satu kota tertua di Eropa Barat – dengan jalan-jalannya yang dicat oleh generasi-generasi yang pernah tinggal di sana, dari bangsa Moor hingga pelaut.

Pemandangan utamanya, dari pantai yang asri hingga pasar yang ramai, semuanya hanya berjarak 15 menit berjalan kaki satu sama lain, jadi kemungkinan besar Anda tidak memerlukan transportasi.

Namun, hal yang paling mengejutkan saya adalah minimnya wisatawan. Bagi saya, tampaknya sebagian besar wisatawan adalah pensiunan yang singgah selama satu hari sebagai bagian dari rencana perjalanan pesiar mereka. Saya tidak melihat seorang pun warga Inggris yang berusia di bawah 65 tahun.

Jadi kalau Anda bukan penggemar keramaian, tempat yang kurang dikenal ini bisa jadi cocok untuk Anda.

Rincian biaya liburan di Cádiz

• AirBnB selama empat malam di Cádiz: £272
  • Tiket pulang pergi ke Seville: £114
  • AirBnB untuk dua malam di Seville: £140
  • Uang belanja: £300

Menuju ke CadizSpanyol

Untuk mencapai kota Selatan di provinsi Andalusia tidaklah mudah, tetapi cukup mudah.

Anda perlu terbang sekitar tiga jam ke Seville, lalu naik bus atau kereta api selama satu setengah jam ke Cádiz.

Episode terbaru Bridgerton baru saja dirilis sehingga penerbangannya sangat menyenangkan (Gambar: Sama Ansari Pour)

Saya memilih bus ekonomi (biayanya hanya £11 sekali jalan, dan melihat kemewahan yang hanya bisa saya harapkan di Inggris – TV di bus, dengan film, permainan, buku, dan bahkan akses internet gratis! Sebuah mimpi.)

Kereta api sedikit lebih mahal, rata-rata £20 hingga £30 tergantung kapan Anda berkunjung.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Cádiz dan berapa lama Anda harus tinggal?

Jika Anda lebih suka cuaca 25°C dan tidak terlalu panas, bulan Mei adalah waktu terbaik untuk pergi. Cádiz adalah kota yang cukup berangin sehingga umumnya lebih sejuk dibandingkan tempat lain di Andalusia, seperti Seville.

Jika Anda terburu-buru, Anda dapat melihat Cádiz dalam 48 jam, tetapi saya sarankan untuk tinggal selama empat hari sehingga Anda dapat melihat semua yang ditawarkan kota tersebut.

Penerbangan Ryanair saya berharga £114 sekali jalan, tetapi saya tingkatkan untuk menyertakan prioritas dan sebuah koper karena saya akan pergi selama tujuh hari.

Untungnya, harga tiket pesawat rata-rata ke Seville tidak selalu tiga digit. Menurut SkyScanner, harga tiket pesawat pada bulan September hanya £28 sekali jalan.

Dimana untuk tinggal di Cádiz, Spanyol

Setiap kali saya berlibur, saya lebih suka menginap di Airbnb karena saya ingin merasa seperti penduduk lokal. Anda tahu, membeli bahan-bahan segar dari pasar lokal, menyiapkan sarapan yang lezat, dan berpura-pura saya benar-benar tinggal di sana.

Pemandangan dari balkon saya (kiri) dan jalan tempat saya menginap (kanan) (Gambar: Sama Ansari Pour)

Itulah sebabnya saya memesan apartemen satu kamar tidur tepat di pusat kota tua seharga £68 per malam.

Saya merasa seperti tokoh utama dalam sebuah film, mampir ke toko roti lokal sebelum menuju pantai dengan sebuah buku di tangan saya.

Saya suka berpura-pura menjadi penduduk lokal (Gambar: Courtesy of the Airbnb Community)

Airbnb saya yang sederhana terang dan lapang, didekorasi penuh cita rasa, dengan jendela-jendela besar yang bisa saya buka dan menyaksikan hiruk pikuk dunia lewat jalan-jalan di bawah.

Jika Anda lebih suka sarapan hotel dan pembersihan harian, ada banyak hotel terselip di Kota Tua dan di sepanjang pantai, tetapi rata-ratanya akan dikenakan biaya sekitar £150 hingga £1.000 lebih, tergantung selera dan anggaran Anda.

Penginapan yang nyaman (Gambar: Courtesy of the Airbnb Community)

Makanan, minuman, dan apa yang harus dilakukan di CádizSpanyol

Saya menghabiskan hari-hari saya dengan cara terbaik: minum es kopi dan makan es krim Turròn (Turròn adalah nougat manis khas Spanyol, dan es krimnya terasa seperti karamel yang dibakar) di Kafe Royaltisebuah kafe bersejarah yang telah melayani Gaditani (orang-orang yang berasal dari Cádiz) sejak 1912.

Dilanjutkan dengan seharian berbaring di pantai dan berganti-ganti antara berenang, membaca, dan tidak melakukan apa pun.

Pantai Santa Maria del Mar, Cádiz, Spanyol

Playa Santa Maria del Mar di Cádiz, Spanyol (Gambar: Sama Ansari Pour)

Cádiz punya banyak pantai, dan saya rasa semuanya bersih, berpasir, dan dapat diakses dengan berjalan kaki — Playa Santa Maria del Mar (gambar) adalah favorit saya. Ditambah lagi, di beberapa pantai, saya adalah satu-satunya orang di sana.

Namun berjemur di tepi laut bukanlah satu-satunya hal yang ditawarkan Cádiz. Kota Andalusia ini bersaing dengan beberapa Kota-kota pecinta kuliner terbaik di Spanyol untuk pengalaman gastronomi terbaik.

Percayalah pada saya, pergilah ke Pasar Sentral Cádiz terlebih dahulu, yang menjual hasil bumi pada siang hari dan kemudian berubah menjadi pasar makanan dengan puluhan kios independen pada malam hari.

Ikan itu berlemak dan lezat (Gambar: Sama Ansari Pour)

Saya makan sushi — ya, bukan sushi Spanyol — yang dibuat dengan tuna segar yang ditangkap di Cádiz dan dibeli dari pasar hari itu. Itu adalah cara sempurna untuk mencoba hasil bumi setempat tanpa harus memasaknya.

Apa yang saya dapatkan dengan £25 di Pasar Sentral Cádiz?

• Satu kilo tomat sapi
  • Satu kilo jeruk
  • Seperempat kilo ceri
  • Sushi segar yang dibuat dengan tuna yang ditangkap di Cádiz
  • Dua buah nektarin
  • Air
  • Sepasang celana panjang linen
  • Buah persik (penjualnya memberikannya secara gratis kepadaku, kalau mau adil)

Ada banyak restoran lezat juga, mulai dari makanan laut hasil tangkapan lokal yang disantap di bar pedesaan hingga restoran mewah. Bahkan lebih baik lagi – saya pergi ke restoran mewah dan mahal, memesan banyak hidangan dan minuman, dan tidak pernah menghabiskan lebih dari £35.

Saya membuat daftar wisata kuliner saya sendiri setelah melakukan riset dan mengunjungi Kafe Lazosebuah bar yang menjual Gambos al Ajillo (Udang dalam minyak dan bawang putih) terbaik. Untuk sesuatu yang sedikit kurang tradisional, saya menuju ke Tapería dari Columelladi mana saya menyantap tiga hidangan (pada gambar) dengan total harga £30. Biasanya Anda akan mendapatkan hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup, tetapi saya tidak begitu suka makanan manis – dan saya merasa lapar.

Tagihannya sudah termasuk limun segar dan air putih. Mungkin akan lebih mahal jika saya memesan alkohol, tetapi saya berhemat karena saya tidak minum.

Saya menikmati seporsi patatas bravas (keripik), ceviche, dan tuna tartar dengan kentang (Gambar: Sama Ansari Pour)

Saya suka makanan di restoran, sungguh, tetapi makanan favorit saya (atau lebih tepatnya minuman) adalah gazpacho (sup dingin khas Spanyol) yang saya beli per liter di supermarket. Disantap dengan keripik dan roti lapis, hidangan ini benar-benar istimewa.

Untuk sejarah dan budaya, reruntuhan teater Romawi dapat dimasuki secara gratis, dan tiket ke katedral berkisar antara £1,70 hingga £3,40.

Menurut saya, hal terbaik yang dapat dilakukan secara budaya adalah berjalan-jalan di Kota Tua. Saya menghabiskan waktu berjam-jam tersesat di jalan-jalan sempit dan berbatu – tidak ada keluhan.

Saya membeli 7 hingga 8 botol gazpacho. Tidak menyesal (Gambar: Sama Ansari Pour)

Perjalanan sehari dari CádizSpanyol

Anda dapat dengan mudah menghabiskan seluruh waktu Anda di Cádiz, tetapi kota pesisir ini memiliki jaringan transportasi yang baik, sehingga memudahkan Anda menjelajahi seluruh Andalusia.

Istana Las Dueñas, Seville, Spanyol (Gambar: Sama Ansari Pour)
Seville, Plaza de Espana (Gambar: Getty Images)

Saya menuju ke Seville dengan biaya £11 di bus. Kota ini menawarkan pusat bersejarah terbesar di Eropa. Saya menghabiskan hari dengan menonton berbagai pertunjukan Flamenco (terima kasih kepada para pemain jalanan yang spontan), menjelajahi kota tua, dan favorit saya, mengunjungi Plaza de España. Bangunan bersejarah yang mewakili berbagai daerah di Spanyol ini membuat hati saya yang mencintai arsitektur menjadi sangat senang.

Untuk sekali ini saya tidak mengikuti klise dan sayangnya tidak memakan buah zaitun — satu untuk lain kali.

Namun, tempat lain sedikit lebih dekat daripada Seville. Jerez de la Frontera, yang terkenal dengan anggur sherry, budaya Flamenco, dan benteng Moor, hanya berjarak 35 menit perjalanan bus.

Saya benar-benar menikmati minggu saya di Cádiz, tetapi lain kali saya juga akan menambahkan Taman Nasional Donana ke rencana perjalanan saya.

Lahan basah tersebut merupakan rumah bagi flamingo, lynx, burung ibis mengilap, dan masih banyak lagi, dan saya selalu menyukai tempat yang bagus untuk melihat satwa liar. Ditambah lagi, lokasinya yang hanya berjarak 44 menit berkendara dari kota juga membantu.

Putusan saya? Cádiz memiliki matahari, pasir, sejarah, dan suasananya cukup tenang. Jika Anda pencinta makanan enak dan perjalanan hemat yang tidak terasa murah, ini adalah tempat terbaik untuk dikunjungi.

Apakah Anda memiliki cerita untuk dibagikan?

Hubungi kami melalui email MetroLifestyleTeam@Metro.co.uk.

LEBIH LANJUT: Turis Inggris melarikan diri setelah seorang pria pingsan saat berlibur di Magaluf

LEBIH LANJUT: Jangan biarkan satu kesalahan ini merusak liburan musim panas Anda

LEBIH LANJUT: Jurgen Klopp sebutkan tim favoritnya di Euro 2024 dan prediksi Inggris dengan yakin